Teknologi Terhadap Perluasan Pilihan Pemasaran

Teknologi Terhadap Perluasan Pilihan Pemasaran

Teknologi Terhadap Perluasan Pilihan Pemasaran – Seiring dengan perubahan dan perkembangan teknologi yang pesat, mungkin sulit untuk mengikutinya. Dampak teknologi terhadap tempat kerja tentu saja tidak diperkirakan sebelumnya, seperti yang dikatakan oleh CEO IBM Thomas J Watson pada awal tahun 1940-an: “Saya rasa terdapat pasar untuk sekitar lima komputer di dunia.”

 

Teknologi Terhadap Perluasan Pilihan Pemasaran

Teknologi Terhadap Perluasan Pilihan Pemasaran

newweblabz – Kemajuan teknologi dapat menciptakan banyak peluang bagi bisnis. , namun hal ini sering kali berarti mengubah bauran pemasaran, cara berkomunikasi dengan pelanggan melalui teknologi yang semakin populer seperti komunikasi online dan periklanan digital.

Bauran pemasaran (pertama kali diperkenalkan oleh McCarthy dalam bukunya Basic Marketing: A Managerial Approach tahun 1960) mencakup beberapa titik fokus sebagai bagian dari rencana pemasaran yang komprehensif. Istilah ini sering merujuk pada klasifikasi umum yang dimulai dengan empat P: Produk, Harga, Penempatan, dan Promosi. Namun pada tahun 1981, Booms dan Bitner menciptakan bauran pemasaran yang diperluas yang menambahkan tiga P lagi: bukti fisik, manusia, dan proses. Bauran pemasaran yang diperluas lebih cocok untuk pemasaran jasa dan layanan online.

Mari kita lihat masing-masing elemen bauran pemasaran dan evaluasi dampak teknologi pada masing-masing elemen tersebut:

Harga

Faktor ini menentukan strategi penetapan harga untuk setiap produk/jasa. Sejak munculnya dunia digital, persaingan antar organisasi berkembang pesat. Bagi konsumen, informasi pesaing lebih mudah diakses dan transparan, oleh karena itu penting bagi suatu perusahaan untuk memiliki strategi penetapan harga terhadap produk atau jasanya. Perusahaan harus memahami apa yang konsumen online harapkan dari mereka dan seberapa besar kemungkinan mereka membayar untuk nilai produk mereka.

 

Baca juga : Menggunakan Teknologi untuk Meningkatkan Pemasaran Digital

 

Produk

Namun, fitur produk memainkan peran penting dalam keberhasilan pemasaran suatu produk. Di Internet, konsumen tidak melihat produk dalam bentuk aslinya. Oleh karena itu, bentuk beberapa produk diubah dengan bantuan teknologi. Misalnya, e-book, e-tiket, foto digital, dan faktur online, semuanya merupakan perubahan dalam bentuk produk tradisional.

Elemen bauran pemasaran ini berarti bahwa perusahaan memilih produk yang tepat untuk pelanggannya (daripada memilih pelanggan yang tepat untuk produknya). Dengan bantuan Internet, banyak perusahaan menyesuaikan berbagai macam produk. Nike dan Vans, misalnya, menawarkan kepada pembeli online kemampuan untuk menyesuaikan sepatu mereka, seperti warna dan desain. Produk umum lainnya mencakup kacamata, pakaian, tongkat golf, sepeda, tongkat pemukul, dan CD.

Penempatan

Bagian dari bauran pemasaran ini melibatkan analisis berbagai opsi distribusi dan menemukan strategi penempatan terbaik untuk menjangkau pelanggan. Berkat e-commerce, cakupan geografis menjadi jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya. Teknologi menurunkan biaya transportasi dan memungkinkan pergerakan orang dan produk. Biaya yang lebih rendah terkait dengan memasuki pasar baru dan memindahkan operasi ke negara baru dapat menciptakan peluang pemasaran dan bisnis baru.

Konsumen umumnya menggunakan Internet untuk mengurangi biaya, menemukan produk yang tidak tersedia, atau meningkatkan kenyamanan berbelanja. Karena kecepatan Internet hampir seketika, pelanggan umumnya mengharapkan akses cepat ke informasi dukungan pelanggan mengenai produk, harga, dan opsi pengiriman. Mereka juga sering mengharapkan kecepatan pengiriman yang cepat dan mungkin tidak ingin menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu hingga produk dikirimkan. Konsumen online mengharapkan sistem pemesanan dan pembayaran yang mudah dan aman, dan mereka menginginkan jaminan bahwa pesanan segera dipenuhi dan ada cara yang mudah dan murah untuk mengembalikan pembelian jika tidak memenuhi kebutuhan mereka.

Penawaran

Di sinilah perusahaan memutuskan bagaimana menggunakan berbagai media tradisional dan online untuk memasarkan produknya secara efektif dan efisien. Dalam pemasaran tradisional, periklanan biasanya bersifat impersonal dan melibatkan komunikasi massa satu arah yang dibayar oleh sponsor. Dengan munculnya Internet, pemasaran interaktif diperkenalkan, memungkinkan pengiklan berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan mengakses informasi tanpa batasan geografis.

Penggunaan media sosial telah mengubah sejauh mana perusahaan menggunakan aktivitas periklanan tradisional (seperti iklan televisi) dan beriklan di media lain (misalnya surat kabar). Saat ini, sponsorship dan influencer media sosial sering digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan. Banyak perusahaan menggunakan jejaring sosial seperti LinkedIn, Facebook, Instagram atau Twitter untuk mempromosikan bisnis mereka. Cukup dengan membuat akun di jaringan ini, mereka dapat dengan mudah menjangkau audiens target dalam hitungan hari dan pesan dapat dibagikan dalam hitungan menit.

 

Baca juga : Aplikasi Keren untuk AI dalam Fashion

 

Orang

Elemen ini adalah tentang orang-orang di balik bisnis ini – siapa pun yang terlibat secara langsung atau tidak langsung dengan bisnis tersebut perusahaan. bisnis entitas korporat yang mendukung bisnis dan memberikan nilai kepada pelanggannya. Layanan pelanggan yang baik sangat penting dalam lingkungan online, karena interaksi dengan konsumen tidak bersifat fisik, sehingga organisasi harus merencanakan tanggapan dan strategi mereka untuk memastikan bahwa pelanggan selalu puas. Banyak perusahaan sekarang menggunakan chatbots di situs web mereka untuk menghubungi pengguna secara langsung guna memenuhi kebutuhan mereka. Media sosial juga memberikan peluang besar untuk membantu pelanggan menjawab pertanyaan mereka tentang produk.

Tampilan Fisik

Ini mengacu pada berbagai elemen pengalaman layanan, seperti tempat, desain interior, dan seragam staf. Namun dalam lingkungan online, bukti ini tidak memiliki elemen fisik.

Inilah mengapa desain web sangat penting karena dalam banyak kasus, ini adalah saluran terpenting untuk bisnis online. Desain website mempengaruhi pengalaman layanan yang dialami pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis online. Ulasan pelanggan adalah contoh lain dari bukti fisik yang dapat ditemukan online. Banyak influencer sosial mempromosikan dan menilai produk untuk membantu pelanggan membuat keputusan selama proses pembelian.

Proses

Ini mengacu pada proses yang terlibat dalam penyampaian produk dan layanan kepada pelanggan. “Perjalanan” di mana pengguna membuka situs web, membeli produk, dan menerima informasi pengiriman setelah menyelesaikan transaksi menjadi lebih penting dari sebelumnya. Bisnis mendapat manfaat dari desainer UX (Pengalaman Pengguna) yang memastikan perjalanan pengguna semulus mungkin melalui desain halaman web yang menarik. Aspek teknis lainnya dari situs web juga dapat memengaruhi proses perjalanan pengguna, seperti kecepatan situs web, pengoptimalan perangkat, dan pengoptimalan e-niaga.

Bisnis apa pun yang memahami 7 poin di atas dari bauran pemasaran yang diperluas dan dampak teknologi harus memahaminya mampu melaksanakan upaya pemasarannya dengan baik mengintegrasikan strategi digital.

Menggunakan Teknologi untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Previous post Menggunakan Teknologi untuk Meningkatkan Pemasaran Digital
Teknologi Web Developer yang Wajib Dikuasai  Next post Teknologi Web Developer yang Wajib Dikuasai